May 14, 2013

[What to do in Semarang?] Running, Family-Friend Time, and (still) Eating!

Off dari Yogyakarta, kita berdua cao ke Semarang dalam rangka... PULANG KAMPUNG! Karena suami asli dari Mranggen, kayaknya ya kebangetan kalo kita nggak mampir gitu ke keluarga disana. Kalo alasan saya pribadi sih pingin nostalgia, secara kampus saya selama kurang lebih empat tahun ada di Semarang, dan terakhir ke Semarang udah bertahun-tahun lalu (lebay, nggak selama itu juga sih, cuma kan nggak sempet maen ke kampus). Sore-sore pas sampe di Semarang, saya udah pesen ke suami buat mampir ke kampus saya di Tembalang, for the sake of makan mie ayam langganan saya dulu :p

Welcome Tembalang!
Surprise banget karena ternyata Cimory buka cabang restorannya di Semarang atas, namanya Cimory on the Valley. Penasaran sik, bagus atau nggak, apakah sebagus Cimory Riverside di Puncak, cuma karena lokasinya lumayan jauh dari tempat kita berdomisili, dan jadwal rada padet (deuh), makanya nggak sempet mampir kesana. 

Selain itu salah-satu tujuan ke Semarang adalah makan di tempat makan yang dulu harganya terlalu berat untuk kantong mahasiswa. It's revenge time! Hahaha, nggak jadi kaya banget juga dunk sekarang, cuma bisa lah bayar satu porsi ayam Arto Moro yang harganya Rp. 25.000,- per porsi itu, sedangkan jaman mahasiswa dulu, berat bangeeeet, soalnya bisa dipake tiga kali makan. :p




Pertama kali masuk kampus tahun 2004 (duh, ketauan deh umurnya) ayam bakar Arto moro ini masih warung pinggir jalan biasa. Rasanya udah enak dari dulu, warungnya rame melulu, dan harganya emang udah diatas rata-rata warung pecel ayam biasa. Dua tahun kemudian, warungnya berubah jadi rumah makan yang bagus, dan jeder harganya makin nggak terjangkau. Makanya hepi banget kalo dulu ada seminar atau rapat yang konsumsinya ayam ini. Sambel pedes yang melumuri ayam kampung, terus tempe cocol sambel kecapnya... enyaaaaak! Yang mau kesini, lokasinya ada di dalem kompleks Undip Tembalang ya, alamat lengkapnya nggak tau, hihi, tanya aja, orang-orang pasti pada tahu.



Mampir juga ke Djatilegi, salah satu restoran yang berada di Banyumanik, tempat kongkow jaman mahasiswa dulu, terutama pas transferan dari orang tua awal bulan baru masuk, hehehe. Lokasinya enak buat nongkrong, jaman dulu saya pasti pemilih banget sama menu disini karena harganya duong, bukan rasanya. Akhirnya bisa kesampaian juga pesen iga bakar pedes yang dulu cuma bisa dimimpiin karena harganya bisa buat dua hari makan, hahahhaa.. Sayang banget, menu favorit saya, es kacang merah, udah discontinue T____T Padahal alasan utama bela-belain kesini cuma buat es kacang merahnya. Untung iganya enak. Djatilegi ini selain di Banyumanik juga punya beberapa cabang di tempat lain, cuma lupa tempatnya dimana, haha..

Sempet ketemu salah satu temen kampus yang sekarang udah kerja di Bina marga. Langsung ta'omelin karena jalan jalur Selatan kemarin yang norak ancurnya luar biasa,hehehehe..
Sempet-sempetnya si suami ngebujukin saya buat nyuci mobil dulu, tapi emang kondisinya sangat menggenaskan setelah perjalanan jauh dari Sukabumi-Yogya-Semarang. Untung di tempat cucinya ada kedai kopi,dan racikannya enak banget. Saya pesan teh stroberi, Rp. 6.000,- saja, suami pesan rempah susu, yang suprisingly very good.
Tri Lomba Juang Semarang. Tanah merahnya caem deh.


Alhamdulillah, di Semarang juga sempetin lari ke GOR Tri Lomba Juang dan memenuhi salah satu bucket list saya kalo ke Semarang, yaitu makan bubur ayam di depan Tri Lomba Juang! Waktu kuliah sempet kesini bareng temen, dan abis itu nggak pernah makan bubur ini lagi, dan terus terbayang-bayang. Hahaha.. Bubur ala Semarang ini rasanya rada unik, apalagi yang lidahnya biasa sama Bubur Sukabumi. Bubur ini pake semacam telur bacem, dan disiram kuah bacem. Maniiiis, seperti masakan Semarang pada umumnya, tapi enak.

Selain itu kemana lagi? Makan lunpia semarang, belanja bandeng di Bandeng Juwana, dan ngeborong brownies buat oleh-oleh di Dyriana (my favorite!). Definitely will be back (since my family live there) dan mudah-mudahan bisa ke Cimory on the Valley on the next visit!

No comments:

Post a Comment